Pemerintah Australia Boikot Piala Dunia 2018 Rusia

socceroos

Pemerintah Australia telah menkonfirmasi mereka tidak akan berpartisipasi Piala Dunia 2018 dengan tidak mengirimkan utusan resmi pemerintahan di piala dunia Rusia tahun ini. Tim sepakbola yang juga di kenal dengan julukan the socceroos tetap akan bermain tetapi tidak ada didampingi oleh utusan utusan ataupun delegasi resmi pemerintah.

Hubungan kedua negara Australia dengan Rusia memang telah sangat dingin dengan ketidak cocokan politik diantara ke dua negara tersebut. Boikot resmi tersebut sama dengan boikot yang dilakukan oleh Inggris terhadap Rusia di piala dunia kali ini.

Pertandingan pembuka piala dunia biasanya sangat ramai dengan utusan utusan pemerintahan dan juga sering dimanfaatkan sebagai tempat musyawarah tidak resmi diantara negara negara yang berpartisipasi. Mentri luar negri Australia Julie Bishop telah mengisyaratkan akan memboikot turnamen kali ini di bulan maret sebelumnya dan mengkonfirmasi hanya utusan pemerintahan yang tidak berpartisipasi.

Keputusan dari pemerintah Australia baru saja di konfirmasi minggu ini, Julie Bishop mengeluarkan pernyataan ” Pemerintah Australia tidak akan ikut campur dengan keputusan FFA Australia (PSSInya Australia) untuk bermain di Piala Dunia Rusia, Konsulat Australia yang telah berada di Moskow akan menghadiri pertandingan Socceroos” Kata Julie Bishop.

Australia telah sering menkonfrontasi Russia dengan keputusan keputusan kontroversial Moskow perihal kemanusiaan dan juga menuduh Rusia terlibat langsung dengan penembakan Pesawat Malaysia Airlines MH17 di tahun 2014 dimana 38 penduduk Australia menjadi korban. Mentri luar negri Australia telah mengejar Rusia dan meminta kompensasi untuk korban pesawat MH17 tersebut.

Keputusan pemerintah Australia tersebut tidak mempengaruhi partisipasi the socceroos dan juga supporter supporter Australia yang akan berangkat mendukung tim kesayangannya. Pemerintah Australia juga tidak mendesak timnas mereka untuk mundur ataupun memberikan tekanan tekanan.

Pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh FFA Australia mengenai hubungan politik dan olahraga sepakbola adalah sebagai berikut ” FFA sebagai anggota dari FIFA dan diwajibkan untuk berpartisipasi disemua kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA. Kami percaya yakin Piala Dunia adalah ajang sepakbola olahraga yang multi kultural, menjunjung tinggi toleransi dan kerjasama internasional”

“FFA akan berpartisipasi bersama 32 negara lainnya untuk berkompetisi di Piala Dunia dan mewakili Australia”

Beberapa pemain bola gelinding Australia dan juga pelatih Bert van Marwijk telah di interview apakah ada yang keberatan untuk bermain di Rusia. Walaupun ada beberapa pemain yang cukup kuatir, beberapa pemain lainnya tidak mencampuri urusan politik dan sebagian lagi sama sekali tidak keberatan untuk bermain di Rusia tahun ini.

Semua pemain Australia tidak bersedia untuk menyatakan pemikiran mereka secara publik dan lebih menfokuskan konsentrasi untuk bermain di lapangan hijau Rusia minggu depan.